Terapi Ke-1

Pada dasarnya manusia tidak memiliki daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah SWT. Bahkan seorang penyembuh atau dokter tidak akan bisa menyembuhkan pasiennya melainkan dengan pertolongan Allah SWT.

Oleh karena itu, seorang manusia tidak boleh berlaku sombong dan merasa bahwa dirinya bisa segalanya.  Sudah semestinya seorang hamba menyadari bahwa semua yang dilakukannya semata-mata karena pertolongan Allah SWT, karena jika tanpa pertolongan-Nya mustahil dapat melakukan segala sesuatu.

Allah memerintahkan setiap hambanya yang beriman untuk berzikir (mengingat dan menyebut nama Allah) sebanyak-banyaknya. Orang yang beriman sudah pasti selalu ingat kepada Allah dalam berbagai keadaan karena dengan berzikir hati menjadi tenteram.

Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallahu (Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah). Dengan banyak mengucapkan La Haula Wala Quwwata Illa Billah (Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah) artinya agar kita melepaskan diri kita dari segala apa yang kita rasa mampu untuk melakukannya, dan kita serahkan semua urusan kepada Allah.

Sesungguhnya yang dapat menolong dalam semua aktifitas seorang manusia hanyalah Allah Ta’ala, dan ini adalah makna ucapan kita setiap kali melakukan shalat. Maka dengan mengucapkan kalimat tersebut, seorang hamba berarti telah menunjukkan kelemahan, ketidakmampuan dirinya, dan menunjukkan bahwa ia adalah orang yang sangat membutuhkan pertolongan Allah.

Sebegai contoh nyata, sepekan ini masyarakat muslim di Indonesia berduka atas berpulangnya Ustadz Jeffry Al Buchori (Uje). Cara menyampaikan dakwahnya dikemas dengan gaya modern dan lebih dapat diterima oleh semua kalangan termasuk anak muda, sehingga dijuluki Ustadz gaul. Uje mampu masuk ke dunia anak muda dan tua,  Uje juga dikenal sangat peduli dengan sesama selalu mengajak siapapun menuju jalan kebaikan, tak kenal batasan usia, ini menandakan bahwa Uje sudah sampai kepemahaman  La Haula Wala Quwwata Illa Billah (Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah). Jadi hanya hamba yang dapat mendalami La Haula Wala Quwwata Illa Billah yang dapat sampai ke pintu ikhlas.

Dengan banyak membaca La Haula Wala Quwwata Illa Billah ternyata juga dapat mengobati sebanyak 99 jenis penyakit.

Rasulullah SAW bersabda : “Siapa yang mengucapkan La Haula Wala Quwwata illa billahi, maka ia akan menjadi obat kepada 99 penyakit. Yang paling ringan adalah kekalutan”… (Hadis Riwayat Tabrani).

http://m.news.viva.co.id/news/read/410137-tiada-daya—kekuatan-kecuali-dengan-pertolongan-allah-swt

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s